Panduan Penggunaan Wikisource dengan Mediawiki

From Wikisource Politala
Jump to navigation Jump to search

Membuat Halaman Baru


1. pembuatan awal wikisource new.png

Gambar diatas merupakan gambar untuk pembuatan awal halaman baru. Sebelum melakukan Create the page (Membuat Halaman Baru), tahapan awal yaitu membuka domain wikisource Politala www.wikisource.politala.ac.id. Tahapan selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Terdapat menu search : Fungsi menu ini yaitu untuk mencari data pada Wikisource Politala, akan menghasilkan pencarian tersebut terdapat pada nomor 2.
  2. Hasil Search : Hasil pencarian pada nomor 2, akan menghasil data yang terdapat pada Wikisource Politala. Jika hasil tersebut There were no results matching the query, maka pencarian data yang diinginkan tidak terdapat Wikisource Politala. Sehingga kata-kata pencarian tersebut dapat kita lakukan Create the Page untuk pengisian halaman baru.

Tampilan Awal Setelah Create the Page


Tampilan Awal Setelah Create the Page

Gambar diatas merupakan gambar tampilan awal setelah melakukan create the page. Berikut penjelasan penomoran yang ada pada gambar tersebut :

  1. Navigation Menu :Mengeklik logo membawa Anda ke laman utama wiki. Tautan pada bagian navigasi di bawahnya membawa Anda ke berbagai laman penting dari wiki. Berbagai tautan ini dapat dikonfigurasikan oleh administrator situs. Sumber : Mediawiki Navigasi
  2. Tools Menu :Tools memuat berbagai tautan yang berubah tergantung pada jenis laman yang ditampilkan.
    Pada semua laman (kecuali laman istimewa) --> "Pranala balik" membawa Anda ke halaman istimewa yang mendaftarkan halaman-halaman di wiki ini yang mengandung pranala ke halaman yang sekarang. Ini berguna ketika Anda sedang mencari halaman dengan informasi yang berkaitan. Informasi "Pranala balik" juga berguna ketika Anda merefaktorisasi halaman wiki dan perlu memastikan apakah pranala ke halaman ini masih relevan setelah halaman yang sekarang diubah. Alat "perubahan terkait" mendaftarkan semua perubahan terbaru di halaman yang bertautan dengan halaman yang sekarang. Perubahan terbaru di laman templat yang berkaitan juga dimasukkan dalam daftar halaman. Pilihan "Sembunyikan suntingan kecil" yang bisa diatur di preferensi pengguna, di antaranya, tetap berlaku di "perubahan terkait".
    Pada semua laman (kecuali laman istimewa)--> "Pengunggahan berkas" menampilkan halaman istimewa yang membolehkan pengguna yang sedang masuk log untuk mengunggah gambar dan berkas lain ke wiki. Berkas yang diunggah bisa ditautkan atau ditampilkan di halaman wiki. Pranala ini tidak ditampilkan apabila pengunggahan berkas tidak dibolehkan. Mengunggah berkas, melihat berkas di server, memasukkan mereka ke laman wiki dan mengelola berkas yang diunggah didiskusikan dalam bagian mengelola berkas dalam manual ini. Alat "halaman istimewa" mendaftarkan semua halaman istimewa MediaWiki. Dalam terminologi MediaWiki, sebuah halaman istimewa adalah halaman yang memberikan informasi mengenai Wiki dan/atau memungkinkan akses ke aktivitas administrasi wiki. Contohnya, daftar pengguna terdaftar di wiki, statistik mengenai wiki seperti jumlah halaman dan jumlah suntingan, log sistem, daftar halaman yatim, dan sebagainya. Halaman-halaman istimewa biasanya dibuat ketika halaman tersebut sedang dimuat bukannya disimpan dalam basis data wiki. Fungsi dan penggunaan halaman istimewa bawaan bisa ditemukan di bagian halaman istimewa dari manual ini. Sumber : Mediawiki Navigasi
  3. Tombol Save Page, Show Preview, Show Change & Cancel : Save Changes merupakan menyimpan perubahan yang telah dibuat pada bagian isi, Show preview merupakan melihat hasil sementara sebelum dilakukan save. Show Changes merupakan melihat perubahan pada tulisan yang telah dibuat.
  4. Editor Wikisource dengan Wiki Editor :Bagian ini merupakan tempat melakukan sunting (editor) bagain isi tulisan. Pada Wiki Source Politala extension editor yang digunakan yaitu dengan wiki Editor
  5. Bagian Isi : Bagian ini merupakan untuk melakukan penulisan kata-kata pada halaman yang telah dibuat.

Tab laman (Page tabs)


Tab Laman (Page Tabs)

Tab laman ditampilkan di atas laman di kanan logo situs (jika menggunakan kulit MonoBook atau Vector). Tab-tab tersebut membolehkan Anda melakukan tindakan-tindakan atau menampilkan halaman yang berkaitan dengan halaman yang sekarang. Tindakan yang tersedia secara bawaan meliputi: membaca, menyunting, dan mendiskusikan halaman yang sekarang. Tab-tab tertentu ditampilkan di laman Anda tergantung apakah Anda masuk log di wiki dan apakah Anda memiliki hak pengurus (administrator) di wiki. Di halaman istimewa, hanya tab ruang nama yang ditampilkan.
Bawaan untuk semua pengguna

  • "namespace" (page, help, special page, template, user page etc.)
  • "pembicaraan"
  • "sunting" (membaca “lihat sumber” jika pengeditan anonim dinonaktifkan, halaman tersebut ada di MediaWiki: namespace, atau halaman tersebut dilindungi)
  • "versi terdahulu"

Tab tambahan untuk pengguna biasa

  • "pindahkan"
  • "pantau"

Tab tambahan untuk pengurus

  • "lindungi"
  • "hapus"

Pengurus bisa menambahkan atau menghapus tab menggunakan JavaScript atau memasang ekstensi, jadi tab yang Anda lihat bisa jadi berbeda tergantung wiki mana yang Anda gunakan.
Sumber : Tab Laman Media Wiki

Tautan pengguna (User links)


Tautan Pengguna (Users Link)

Tautan pengguna di tampilkan pada ujung kanan atas laman (jika menggunakan kulit MonoBook bawaan). Tab ini memungkinkan pengguna biasa untuk melihat dan menyunting laman pengguna dan preferensi wiki. Sebagai tambahan, tautan pengguna memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengakses daftar kontribusi mereka terhadap wiki dan juga untuk keluar.

Bagi pengguna anonim, tautan pengguna diganti dengan tautan ke laman masuk wiki atau, jika diaktifkan, tautan ke alamat IP dan laman pembicaraan alamat IP.

"Username"

Tertaut ke laman pengguna Anda yang digunakan untuk menaruh informasi tentang diri pribadi, informasi yang ingin diingat, atau apa pun yang Anda inginkan.

"Talk"

Tertaut ke laman pembicaraan Anda, tempat orang dapat meninggalkan pesan untuk Anda.

"Preferences"

Tempat Anda mengubah preferensi situs pribadi.

"Watchlist"

Daftar semua laman yang Anda pantau. Laman ditambahkan pada daftar ini dengan mengeklik “watch” pada bagian atas laman.

"Contributions"

Daftar semua kontribusi yang Anda buat pada wiki.

"Log out"

Klik ini untuk keluar dari wiki.

Panduan Pemformatan (Formatting)


Pemformatan wiki editor

Gambar diatas merupakan penjelasan mengenai editor pada saat menuliskan tulisan di halaman WikiSource Politala. Berikut menjelaskan pemformatan yang telah ditandai pada gambar tersebut :

1. Bold & Italic


Bagian ini digunakan untuk melakukan cetak tebal ( B ) dan cetak miring ( I ).
Format Cetak Tebal :

 '''Cetak Tebal''' 

Hasilnya :
Cetak Tebal
Format Cetak Miring :

 ''Cetak Miring''

Hasilnya :
Cetak Miring
Pemformatan yang telah disediakan pada Wiki Source Politala yaitu extension (WikiEditor). Pemformatan lebih lanjut dapat dibuka pada Markup pemformatan teks

2. Insert link, Insert image & media, Reference & Select file
Insert link
Insert Link

Fungsi dari Insert Link yaitu digunakan untuk memasukkan link dalam WikiSource Politala (internal link) dan memasukkan link dari luar WikiSource politala (external link). Penggunaan Insert Link terdapat pada gambar hanya memasukkan hanya memasukkan kolom isian (text box) Target page or URL dan Text to display. Jika link tersebut hanya berada pada WikiSoure Politala tambahkan simbol "#" pada kolom isian Target page or URL dan Jika link tersebut dari luar WikiSource Politala Copy Paste url (link website) langsung ke kolom isi Target page or URL.
Contoh penggunaan insert link berikut :
Format insert link internal WikiSource Politala :

 [[Main Page|link internal Main Page WikiSource Politala]] 


Hasilnya :
link internal Main Page WikiSource Politala
Format external link :

 [http://www.politala.ac.id Link external website resmi Politala]


Hasilnya :
Link external website resmi Politala.
Insert Link yang telah disediakan pada Wiki Source Politala yaitu extension (WikiEditor). Insert Link lebih lanjut dapat dibuka pada Help:Links

Insert image & media


Insert Image dan Media

Bagian ini dipergunakan untuk memasukkan gambar pada WikiSource Politala. Kolom isiannya yaitu kolom isian Filename (Nama Filename yang telah diunggah pada WikiSource Politala), Caption (Deskripsi dari gambar), Size (Ukuran atau besaran gambar), Align (Tata letak dari gambar terdiri dari default, Left, Right, Center dan none) dan Format (Format terdiri dari thumb, frame, frameless dan none). Jika gambar pada kolom isian Filename belum di upload, maka gunakan tombol (Button) upload. Setelah seluruh kolom isian terisi, maka bisa lanjut ke tombol (Button) Insert. Tombol (Button) terakhir Cancel memiliki fungsi untuk tidak ingin melakukan Insert File.
Contoh Pengunaan Insert File berikut :
Format insert file :

[[File:5.2 Pemformatan wiki editor (Insert File).PNG|250px|thumb|none|Insert Image dan Media]] 


Hasilnya :

Insert Image dan Media


Insert File (Image & Media) yang telah disediakan pada Wiki Source Politala yaitu extension (WikiEditor). Insert File (Image & Media) lebih lanjut dapat dibuka pada Bantuan:Gambar.
-> Reference
References pada penjelasan software Mediawiki (help:references) merupakan sebuah kutipan yang terdapat pada link help:cite. help:cite (Bantuan:kutipan) merupakan memberikan kemungkinan untuk menambah catatan kaki dalam sebuah halaman.
Contoh penggunaan references sebagai berikut :
Format References:

 Berikut merupakan Buku '''Database MYSQL''' <ref>Jaka Permadi dkk, ''DATABASE MYSQL'',(Yogyakarta:Samudera Biru,2019).</ref> merupakan buku Basis Data yang berada pada Matakuliah Basis Data 2


 References 


 <references /> 

Hasilnya :
Berikut merupakan Buku Database MYSQL [1] merupakan buku Basis Data yang berada pada Matakuliah Basis Data 2
References

Hasil references.PNG


References (Cite) yang telah disediakan pada Wiki Source Politala yaitu extension (WikiEditor). References (Cite) lebih lanjut dapat dibuka pada Help:Cite.
-> Select file
Bagian ini digunakan untuk Upload file yang disediakan oleh software Mediawiki. sebelum penggunaan gambar pada halaman, sebaiknya upload file terlebih dahulu. Fungsi Select File sama halnya dengan fungsi Drop Files Here.

3. Advanced, Special Characters & Help
Advanced


Fungsi Advanced

Fungsi ini digunakan untuk mengatur Heading,Format,Big, Small, Superscript & Subscriptdan Insert

Special Characters


Special Characters

Fungsi dari Special Characters yaitu untuk memilih karakter khusus, contohnya seperti tercantum pada gambar.

Help


Help

fungsi dari Help yaitu memberikan Petunjuk atau Bantuan pada tata cara penulisan. Contoh dari tata penulisa yang terlihat pada gambar berupa Formatting, Links, Heading, Lists, Files dan lain-lainya.

4. Heading

Headingmerupakan sebuah fasilitas untuk memformat sebuah tulisan, lebih tepatnya bisa dikatakan mengatur gaya tulisan seperti judul, sub judul dan seterusnya sehingga menghasil format otomatis dalam membuat contents.
contoh penggunaan Heading sebagai berikut :
Format Heading :

 
===== Heading Level 5 ===== 
==== Heading Level 4 ==== 
=== Heading Level 3 === 
== Heading Level 2 == 

Hasilnya :

5. Bulleted list, Numbered list, No wiki formatting & New line
Bulleted list


Bulleted list merupakan fungsi untuk melakukan daftar urutan berdasarkan simbol bullet. Contoh penggunaan Bulleted list sebagai berikut :
Format Bulleted list :

* nomor 1
 * nomor 2
* nomor 3
* nomor 4
* nomor 5


Hasilnya :

Bullet.PNG
Numbered list


Numbered list merupakan fungsi untuk melakukan daftar urutan berdsarkan angka. Contoh Penggunaan Numbered list sebagai berikut :
Format Numbered list

# nomor 1
 # nomor 2
# nomor 3
# nomor 4
# nomor 5


Hasilnya :

Numbered.PNG


Bulleted list dan numbered list yang telah disediakan pada Wiki Source Politala yaitu extension (WikiEditor). Bulleted list dan numbered list lebih lanjut dapat dibuka pada Help:Lists.

====== No wiki formatting ======


Fungsi ini digunakan untuk tidak menggunakan format wiki.
Contoh penggunaanNo wiki formatting sebagai berikut :
Format No wiki formatting :

 Format Tidak Menggunakan no wiki 

Hasilnya :
Format Tidak Menggunakan no wiki

New line


New line merupakan sebuah sintak ganti baris baru yaitu dengan tag

 <br> 

Contoh penggunaan New line sebagai berikut :
Format New line :

 ini merupakan baris 1 <br>
 ini sudah masuk pada baris 2 <br>


Hasilnya:
ini merupakan baris 1
ini sudah masuk pada baris 2

6. Big, Small, Superscript & Subscript


Big, Small, Superscript & Subscript memiliki fungsi untuk mengatur tulisan seperti memperbesar, memperkecil, tulisan superscript dan tulisan subscript.
Contoh penggunaan sebagai berikut :
Formatnya yaitu :

 <big>Tulisan Besar</big>
<small>Tulisan Kecil</small>
X<sup> 3</sup>
O<sub> 2</sub>


Hasilnya :
Tulisan Besar
Tulisan Kecil
X 3
O 2

7. Picture gallery, Redirect & Table
Picture gallery


Fungsi ini digunakan apabila menggunakan gambar lebih dari satu gambar.
Contoh Penggunaan Picture gallery sebagai berikut :
Format Picture gallery :

<gallery mode="slideshow" caption="Jenis-Jeni Bunga pada Gallery">
File:bunga 2.jpg | Bunga 1
File:bunga.jpg | Bunga 2
File:daftar-nama-bunga-dari-a-z-lengkap-gambar-.jpg | Bunga 3
File:toko-bunga.jpg | Bunga 4
</gallery>

Hasilnya :

Format Picture gallery yang telah disediakan pada Wiki Source Politala yaitu extension (WikiEditor). Format Picture gallery lebih lanjut dapat dibuka pada Help:Images .

Redirect


Redirect (Pengalihan) digunakan untuk meneruskan pengguna dari satu judul laman ke laman lain. Hal ini berguna terutama jika suatu artikel dirujuk dengan beberapa nama atau memiliki tanda baca, kapitalisasi, atau ejaan alternatif.
Contoh penggunaan Redirect sebagai berikut :
Format Redirect :

 Kembali ke Halaman Utama WikiSource Politala #REDIRECT [[Main Page]] 


Hasilnya :
Kembali ke Halaman Utama WikiSource Politala #REDIRECT Main Page.
Redirect yang telah disediakan pada Wiki Source Politala yaitu extension (WikiEditor). Redirect lebih lanjut dapat dibuka pada Help:Redirect.

Table


Insert Table


Table bisa dibuat di halaman-halaman wiki. Sebagai aturan umum, sebaiknya jangan menggunakan tabel kecuali jika memang diperlukan. Markah tabel kerap kali membuat penyuntingan halaman menjadi rumit. Pada gambar Insert Table merupakan cara membantu dalam pembuatan tabel dalam WikiSource Politala.
Contoh Penggunaan Table sebagai beikut :
Format Table :

{| class="wikitable sortable"
|+ Daftar Pegawai
|-
! Nomor !! NIP !! Nama Pegawai
|-
| 1 || 198909272019031013 || Arif Supriyanto, S.Kom, M.Cs
|-
| 2 || 198607012019031008 || Hendrik Setyo Utomo, S.T., MMSI
|-
| 3 || 198807032019031009 || Jaka Permadi, S.Si., M.Cs
|}

Hasilnya:

Daftar Pegawai
Nomor NIP Nama Pegawai
1 198909272019031013 Arif Supriyanto, S.Kom, M.Cs
2 198607012019031008 Hendrik Setyo Utomo, S.T., MMSI
3 198807032019031009 Jaka Permadi, S.Si., M.Cs

Table yang telah disediakan pada Wiki Source Politala yaitu extension (WikiEditor). Table lebih lanjut dapat dibuka pada Help:Table.

8. Drop file here
Bunga yang diupload di file upload.PNG

Drop file here memiliki fungsi untuk melakukan upload file ke server WikiSource Politala. Drop file here ini juga memiliki fungsi kurang lebih sama dengan Insert Image dan Media. Perbedanya yaitu pada Drop file here melakukan upload file dengan drag & drop pada kota garis putus-putus yang terlihat pada gambar, sedangkan pada Insert Image dan Media melakukan upload file muncul kotak dialog untuk mencari file yang akan di upload. Untuk melihat penggunaan Insert Image dan media.

Panduan Gambar (Images)


Panduan Tabel (Tables)


Panduan Daftar (Lists)

  1. Jaka Permadi dkk, DATABASE MYSQL, Yogyakarta:Samudera Biru,2019).